Cara Membuat Steak Daging yang Lembut

Banyak orang mengira cara membuat steak daging tidaklah mudah, bahkan sangat sulit. Beberapa diantaranya menyebutkan kalau takkan mungkin membuat daging steak sekelas restoran. Padahal tak ada yang tak mungkin untuk dilakukan, termasuk membuat daging steak senikmat restoran mahal.

Bahkan bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah ditemukan di supermarket atau swalayan sekitar rumah. Cukup memilih bahan berkualitas untuk mendapatkan rasa lezat dari daging sapi sekelas restoran ternama. Ada tips tersendiri sebenarnya, yakni pilihlah daging dari has dalam dengan lemak yang sedikit.

Tekstur dari daging sangat lembut dan juicy saat dipanggang dengan tambahan garam serta lada. Tak perlu ditambah bumbu lainnya, rasa khas daging sapi langsung terasa.

Cara Membuat Steak Daging yang Lembut

Menu steak sendiri sebenarnya sudah menjadi incaran banyak orang, terlebih di restoran dan kafe. Biasanya menu ini menjadi hidangan utama yang menempati ranking pertama.

Dengan tambahan saus steak nikmat, rasanya kian menggoda lidah siapa saja. Apalagi jika saus steak tersebut berbeda dari saus steak di restoran lainnya. Hal ini akan menjadikan steak di warung tersebut selalu diburu oleh konsumen.

Mereka akan kembali lagi dan lagi untuk sekedar menikmati rasa daging lembut berpadu saus. Cara membuat steak daging yang tepat akan menambah kenikmatan makan para konsumen.

 

Bagi Anda yang ingin mempraktekkan sendiri resep steak sekelas restoran di rumah, berikut beberapa bahan yang dibutuhkan.

  • Daging sapi sirloin untuk cara membuat steak daging. Jika Anda ingin menggantinya dengan ayam, usahakan daging ayam dipotong melebar.
  • Lada bubuk
  • Garam
  • Saos teriyaki
  • Saos tiram
  • Kecap manis
  • Bawang bombay yang telah dicincang

 

Cara membuat steak daging yang nikmat dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Iris tipis daging sapi dan cuci hingga bersih. Untuk mendapatkan tekstur daging yang lembut, Anda dapat merebusnya hingga mendidih. Dalam air rebusan tersebut dapat ditambahkan dengan garam dan lada bubuk. Anda bisa pula menambahkan sedikit perasan air dari parutan jeruk nipis atau nanas sebelum dicuci. Hal ini dapat mengurangi bau amis pada daging sapi maupun ayam yang akan dipanggang.
  2. Jika rebusan daging sudah mendidih, Anda dapat mengangkat dan meniriskan daging tersebut. Setelah sedikit dingin, Anda dapat memukul-mukul daging sampai sedikit pipih dan lebih empuk.
  3. Buatlah bumbu olesan untuk daging yang terdiri dari saos teriyaki, saos tiram, kecap manis, irisan bawang bombay dan garam. Campurkan semua bahan tersebut dan oleskan pada daging yang hendak dipanggang.
  4. Panaskan teflon yang akan digunakan untuk memanggang daging. Panggang daging hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan dan bumbu dirasa meresap.
  5. Angkat daging dan letakkan di atas piring saji.

Demikian artikel tentang cara membuat steak tersebut, semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya sepert :

cara membuat saus steak . Terima kasih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *