Cara Mengatasi Jerawat Batu Dengan Bahan Alami

Jerawat batu memang terbilang sulit untuk dihilangkan daripada jerawat pada umumnya. Maka tak heran banyak orang yang justru memilih cara medis dengan pergi ke dokter kulit atau ahli dermatologis terdek. Sebenarnya jerawat akan muncul karena adanya penumpukan sel kulit mati di bagian pori. Biasanya bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuatnya merah lalu membengkak.

jerawat batu

Sementara itu, jerawat batu dapat muncul pada saat infeksi yang terjadi telah masuk ke lapisan kulit terdalam. Namun yang pasti jerawat batu muncul akibat hormon androgen yang meningkat, sehingga menyebabkan perubahan kulit. Jerawat batu tentu tidak hanya di bagian wajah, tetapi bisa muncul di dada, pundak, punggung, dan lengan atas. Berikut ini cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan-bahan alami tanp menimbulkan efek samping.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu dan Bekasnya

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional jerawat meradang. Caranya, tinggal dipotong kecil-kecil bawang putih tersebut, dan kemudian dioleskan pada seluruh wajah terutama wajah yang berjerawat. Bawang putih mampu mencegah munculnya jerawat batu yang baru dengan menghentikan proses peradangan. Namun cara ini perlu dilakukan secara rutin dan teratur agar hasilnya optimal.

  1. Kentang

Salah satu manfaat masker adalah menghilangkan jerawat batu. Pertama siapkan satu kentang segar, dan kemudian kupas dan bersihkan. Irus kentang tadi secara tipis lalu tempelkan ke bagian jerawat batu. Ada cara lain yakni dengan menghaluskan kentang, dan kemudian memakainya sebagai masker alami. Sebaiknya diamkan selama kurang lebih 30 menitan lalu bilas dengan air dingin. Terapkan setiap hari agar jerawat segera sembuh.

  1. Putih Telur dan Madu

Telur memiliki kandungan protein yang dapat mengatasi penyumbatan pori di wajah. Ambil putih telurnya saja untuk pengobatan pada jerawat meradang. Campurkan putih telur tadi dengan 3 sendok makan madu alami. Setelah itu, oleskan ramuan antara putih telur dan madu ketika selesai mandi secara merata ke seluruh bagian wajah. Diamkan sampai wajah terasa kaku, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Pasta Baking Soda 

Baking sida bermanfaat untuk mengembangkan adonan saja, tetapi mampu membuktikan untuk menyembuhkan jerawat batu, mencegahnya, menyebar, dan mengurangi peradangan nyeri. Sediakan baking soda seperlunya saja, lalu campurkan dengan air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan ke bagian jerawat batu dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

  1. Tomat

Kandungan vitamin E pada tomat sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, dan mengatasi peradangan akibat jerawat. Siapkan satu buah tomat segar, dan kemudian belah menjadi dua. Satu bagian anda oleskan di pipi kiri dan satunya pipi kanan. Selepas itu, gosok perlahan dengan gerakan melingkar di area jerawat batu. Biarkan tomat menutrisi kulit selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga:

Bagaimana, mudah bukan cara mengatasi jerawat meradang di atas? Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *