Cara Tepat Untuk Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir

Semua bagian tubuh bayi yang baru lahir masih dalam proses perkembangan awal. Tak terkecuali kulitnya. Kulit bayi yang baru lahir masih sangat tipis sehingga membuatnya lebih sensitif dan sangat rentan mengalami masalah kulit seperti iritasi.

Jika ibu kurang memahami betul seperti apa cara merawat bayi agar kesehatan kulitnya terjaga dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bayi tercinta ibu akan mengalami masalah kulit.

Pasti ini menjadi hal yang tidak pernah diinginkan oleh ibu bukan ? Nah, maka dari itu penting kiranya untuk ibu memahami cara terbaik dalam merawat kulit bayi yang baru lahir.

Cara Tepat Untuk Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir

Kulit bayi yang baru lahir sifatnya masih sangat halus dan lembut, dengan juga sistem imunitas bayi yang masih dalam tahapan perkembangan awal sehingga masih begitu lemah. Kondisi kulit bayi yang juga masih sensitif membuat kulitnya tidak dapat sembarangan kontak dengan bahan di sekitar lingkungannya.

Apalagi bahan kimia yang mungkin ditemukan pada produk perawatan kulit bayi seperti bedaknya, lotionnya dan lain-lain.

Jadi, ibu harus betul-betul memastikan produk perawatan bayi yang ibu pilih adalah yang terbaik ada beberapa panduan cara merawat bayi dalam hal merawat kulitnya yang bisa untuk ibu lakukan dengan tepat. Berikut ini tips-tipsnya :

  • Jangan terlalu sering memandikan bayi anda.

Pada awal kelahiran si kecil, produksi keringatnya tidak terlalu banyak, aktivitas bayi yang masih sangat minim membuat tubuhnya juga tidak mudah kotor. Sehingga cara merawat bayi yang bisa dilakukan adalah ibu tidak perlu memandikan bayi terlalu sering.

Bayi yang baru lahir pun tidak perlu dimandikan dengan memasukkan ke dalam bak berisi air. Saat tali pusarnya belum lepas, ibu bisa memandikan bayi ibu yang baru lahir dengan cukup menyeka mengggunakan waslap yang dibasahi dengan air.

  • Lindungi kulit bayi dari sengatan matahari langsung.

Apalagi jika bayi anda masih berusia di bawah 6 bulan, hindari betul kulit bayi dari sengatan matahari di atas jam 10 pagi. Apabila ibu terpaksa harus mengajak si kecil keluar saat siang hari, pastikan ibu memberikan pakaian yang menutup tubuhnya dengan baik dan melindunginya seperti memakai payung agar si kecil tidak sampai terkena sinar matahari langsung.

  • Cegah terjadinya ruam popok dengan selalu rutin mengganti popok bayi.

Mengganti popok bayi adalah bagian dari cara merawat bayi dengan tepat. Mengingat bahwa ruam popok adalah masalah kulit yang cukup sering terjadi, maka hindari resiko ini dari bayi anda dengan cara mengganti popoknys secara rutin. Selain itu pastikan kulit bayi dalam kondisi kering sebelum memakaikan popok yang baru.

Untuk mencuci perlengkapan pakaian bayi, gunakan detergen yang khusus untuk pakaian bayi. Termasuk juga untuk mencuci selimutnya, sampai dengan sarung bantal dan sprei tempat tidurnya. Pisahkan pencucian pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa.

Nah, selain itu, bekali sistem imunitas bayi ibu dengan optimal. Pastikan si kecil menerima asupan gizi dengan baik. Jika perlu, lengkapi konsumsi sehatnya dengan susu pertumbuhan Wyeth Nutritition yang punya kandungan gizi lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati tercinta ibu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *