Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Diet

Seseorang yang sedang menjalani program diet ketat memang harus menjaga pola makan dengan baik. Hal semacam ini semata-mata demi mendapatkan tubuh yang langsing sehingga program diet sukses. Namun tidak semua orang mampu menerapkan program diet yang sehat, dan justru akan membuat kondisi tubuh cenderung mengalami penurunan kinerja atau jatuh sakit. Oleh karena itu, kebiasaan diet penting diketahui secara pasti guna menghindari masalah kesehatan tertentu. Pasalnya saat menerapkan diet ketat, hal yang harus dilakukan adalah mengatur pola makan dengan teratur.

Baca Juga: Makanan Penyubur Kandungan

Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung gizi seimbang serta dikonsumsi dalam porsi kecil. Nah, berikut ini adalah jenis makanan yang harus dihindari ketika sedang diet.

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Diet

1.Makanan Pedas Makanan pedas memungkinkan anda akan mengalami masalah pencernaan. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan pedas, baik yang dihasilkan oleh cabai atau rempah-rempah lain saat ingin makan pada malam hari. Pasalnya makanan yang pedas bisa mengusik perut, dan senyawa kimia yang ada di dalamnya. Bahkan mampu merangsang indera sehingga sulit tidur di menjelang malam hari.

  1. Makanan Manis

Meskipun makanan manis akan mampu membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Akan tetapi jika menyantapnya secara berlebihan atau memilih jenis makanan yang berkarbohodrat tinggi, kadar gula darah akan meningkta dengan cepat sehingga bisa mengganggu kenyamanan tidur. Hindari cemilan yang manis dan berat seperti martabak, dessert, keripik, nasi dengan lauk-pauk bersantan, atau roti.

  1. Makanan Berminyak dan Berlemak

Pada saat malam hari terkadang perut juga membutuhkan istirahat. Makanan berminyak dan berlemak akan membuat anda merasa lemas di pagi harinya, karena saat tengah malam perut dipaksa bekerja lebih keras untuk mencerna semua makanan tersebut. Jauhi jenis makanan seperti makanan siap saji, kacang, es krim, atau makanan yang mengandung keju. Di samping itu, makanan berlemak akan memicu timbunan lemak dalam tubuh.

  1. Daging Merah dan Protein lainnya

Sebenarnya sama halnya dengan makanan berlemak, mengonsumsi daging merah pada tengah malam akan membuat pencernaan bekerja sangat keras. Dengan begitu sehingga anda akan sulit tidur. Namun anda tidak perlu menghindari protein sama sekali, hanya saja konsumsi yang sewajarnya saha pada porsi cukup.

  1. Nasi putih

Nasi putih menjadi makanan yang harus dihindari saat diet, lantaran nasi putih mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain itu nasi putih lebih cepat diproses oleh tubuh dan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk program diet, sebaiknya anda mengganti nasi putih dengan beras merah atau produk olahan gandum.

  1. Makanan Porsi Besar

Biasanya tidur dalam keadaan perut lapar akan sangat mengganggu. Apabila anda harus makan, maka makanlah dengan porsi cukup dan jangan sampai merasa kenyang. Makan terlalu kenyang juga membuat perut tidak nyama. Akan tetapi, jika ingin ngemil ketika sudah larut malam, pastikan total kalorinya tetap di bawah 200 kalori. Hal ini karena akan membuat timbunan lemak saat menyantap makanan dalam porsi besar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *