Mengenal Apa Itu SEO dan Manfaat SEO untuk Perusahaan

Dalam berbisnis, Anda tentu menginginkan bisnis berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan. Terutama bagi Anda yang menjalankan bisnisnya melalui internet. Sudah menjadi rahasia umum bahwa internet merupakan salah satu wadah yang sangat berguna baik untuk berbisnis maupun melakukan kegiatan lainnya. Bagi Anda yang menjalankan bisnis di Internet, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan SEO. Ternyata ada banyak sekali manfaat SEO untuk perusahaan yang menjalankan bisnisnya melalui internet. Namun, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu SEO, berikut ini penjelasannya.

Mengenal Apa Itu SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. SEO ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pengguna website dengan mengandalkan webmaster untuk meningkatkan halaman websitenya menjadi lebih mudah dicari di search engine seperti Google. Biasanya, beberapa halaman yang muncul di awal mesin pencari merupakan halaman yang memiliki ranking teratas dengan pengunjung yang cukup banyak. Nah, disinilahmanfaat SEO untuk perusahaan dalam menjalankan bisnis. Dengan menggunakan jasa dari webmaster, penggunaan website untuk berbisnis menjadi lebih mudah dan menguntungkan.

Bisnis yang menerapkan SEO sangat berpeluang besar mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Mengapa? Karena Anda bisa mendapatkan pengunjung secara terus menerus bahkan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Cara kerja search engine seperti Google selalu menggunakan sebuah kata kunci. Dengan mengetikkan kata kunci tertentu, mesin pencari akan memberikan rekomendasi berupa urutan website atau blog dengan peringkat teratas. Sehingga agar website perusahaan atau website bisnis Anda bisa berada di urutan teratas, website Anda harus sudah teroptimasi dengan menerapkan SEO pada website Anda.

Penggunaan SEO tidak hanya menggunakan iklan yang berupa Google Ads saja, tetapi menggunakan sistem SEO yang sudah menyortir pencarian organik atau organic search. Sehingga website yang Anda kelola baik untuk bisnis maupun sekadar hobi bisa teroptimasi menjadi lebih baik. Melihat dan menimbang hal tersebut, tentu saja ada banyak sekali manfaat SEO untuk perusahaan.

3 Manfaat SEO untuk Perusahaan

  1. Trafik Potensial

Keuntungan yang pertama menggunakan SEO yaitu dapat mendatangkan trafik yang cukup potensial dan cukup banyak untuk website perusahaan Anda. Trafik ini didapatkan dengan adanya website yang teroptimasi sehingga dapat mendatangkan pengunjung yang cukup banyak. Dengan menggunakan SEO, pengunjung website Anda akan lebih banyak saat menuliskan keyword yang merujuk pada website perusahaan Anda. Sehingga website Anda akan berada di urutan teratas di mesin pencari. Dar sinilah Anda bisa mendapatkan trafik potensial yang cukup besar. Karena trafik potensial inilah yang akan mendatangkan keuntungan pada bisnis Anda sebagai calon customer.

Sebuah trafik bisa dikatakan sebagai pembawa keuntungan atau menguntungkan karena trafik atau pengunjung akan menuliskan keyword tertentu yang merujuk pada produk yang menjadi bisnis Anda. Baik berupa produk secara fisik maupun produk berupa informasi. Para pengunjung yang mengetikkan kata kunci biasanya memiliki masalah berupa keingintahuan atau mencari mengenai produk tertentu. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengunjung atau trafik merupakan calon customer Anda. Sehingga manfaat SEO untuk perusahaan bisa didapatkan dengan cara optimasi website sehingga trafik potensial akan menjadi lebih banyak tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

  1. Data Customer

Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tentu membutuhkan data dari konsumen Anda untuk memberitahukan produk-produk atau penawaran terbaru dari perusahaan Anda. Penggunaan SEO ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang melancarkan bisnisnya melalui internet. Yakni bisa mendapatkan data costumer menjadi lebih mudah. Biasanya, suatu perusahaan akan menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan data dari customer. Misalnya dengan cara memasang iklan, hingga menggunakan cara lain untuk mendapatkan data konsumen seperti email, nomor telepon, alamat, hingga data lainnya yang dibutuhkan).

Tetapi dengan menggunakan SEO, data customer akan lebih mudah didapatkan karena posisi website yang Anda kelola sudah berada di posisi atas. Penerapan SEO ini tidak serta merta mendapatkan data secara langsung tetapi membutuhkan suatu layanan autoresponder yang digunakan untuk menyimpan data base konsumen dengan membangun daftar email customer Anda.

  1. Brand Awareness

Manfaat SEO untuk perusahaan yang bisa didapatkan yaitu adanya peningkatan brand awareness. Hal yang sering dilakukan oleh para konsumen yaitu mengingat dan mengenali suatu merek. Sehingga dengan adanya hal tersebut, besar kemungkinan bahwa penjualan produk dari suatu perusahaan akan terus meningkat. SEO menjadi salah satu cara yang menguntungkan untuk meningkatkan brand awareness dari suatu perusahaan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Karena cara kerja dari mesin pencari yang lebih menggunakan kata kunci menjadikan penjualan brand dan produk dari perusahaan yang Anda kelola melalui sebuah website menjadi lebih mudah. Sehingga Manfaat SEO untuk perusahaan akan langsung didapatkan karena customer akan mengingat brand maupun produk maupun website Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Butuh bantuan jasa SEO? hubungi kami di seoservices.id.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *