Apa Itu TDS (Total Dissolved Solids) Meter?

Diambil dari bahasa inggris TDS atau Total Dissolved Solids merupakan Jumlah Padatan Terlarut. Padatan terlarut yang dimaksud disini adalah padatan terlarut dalam air mineral, dimana pada air tersebut biasanya mengandung mineral, garam, logam dan zat lainya. Jika dilihat secara umum, padatan terlarut dalam air ini merupakan jumlah dari ion kation dan anion (positif dan negatif).

Dalam padatan terlarut ini terdapat satuan yang bernama PPM, PPM ini merupakan Part Per Million ppm (mg/L). PPM adalah rasio berat ke berat dari setiap ion ke air. Berbicara mengenai TDS tentu ada hubungannya dengan EC dan Konduktivitas, namun TDS dan konduktivitas bukanlah hal yang sama.

Darimanakah Dissolved Solids itu Berasal?

TDS atau padatan terlarut ini berasal dari material organik dan anorganik, material organik seperti lumpur, daun, plankton, limbah industri, kotoran, garam jalan dan pupuk dan pestisida yang digunakan pada rumput dan peternakan. Tidak hanya berasal dari material organik, material anorganik pun ikut menyumbang dalam padatan terlarut dalam air. Padatan anorganik yang biasanya ikut dalam air adalah kalsium bikarbonat, nitrogen, fosfor besi, sulfur, dan mineral lainnya.

Dari bahan-bahan tersebut, sebagian besar akan membentuk garam yang merupakan senyawa yang mengandung keduanya yaitu logam dan non logam. Garam yang larut dalam air ini akan membentuk ion dengan muatan positif dan negatif. Saat air melewati pipa-pipa aliran air, saat dalam proses pendistribusian air ini biasanya partikel logam seperti timah atau tembaga dapat ikut terbawa aliran air tersebut.

Untuk mendapatkan air yang murni ini harus menghilangkan terlebih dahulu padatan terlarut dalam air tersebut oleh karena itu membutuhkan alat yang bernama TDS Meter. Untuk membeli TDS Meter saat ini banyak toko online yang jual tds meter dengan mengirimkannya keseluruh kota di Indonesia. TDS akan berkurang dari waktu ke waktu, sehingga sangat dianjurkan untuk memantau kualitas filter atau membran dan menggantinya bila diperlukan.

EPA Secondary Regulations menyarankan tingkat kontaminasi maksimum ( MCL ) dari 500mg/liter ( 500 part per million ( ppm ) ) untuk TDS. Jika melebihi standar batasan kontaminasi maksimum diatas maka tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Tingginya TDS ini berbahaya bagi kesehatan manusia, biasanya yang paling sering adalah kalium, klorida dan natrium. Ion-ion tersebut jika ikut terkonsumsi kedalam tubuh manusia memiliki efek jangka pendek sedikit atau tidak ada, tetapi ion beracun ( yang membawa arsenik, kadmium, nitrat dan lain-lain ) juga dapat dilarutkan dalam air.

Bahkan sistem pemurnian air yang paling bagus di pasaran juga memerlukan pemantauan berkala agar air yang dijual merupakan air yang murni dan standar agar aman dikonsumsi. Lakukan pengecekan pada filter dan membran apakan masih berfungsi normal atau tidak dalam menghilangkan partikel yang tidak diinginkan dan bakteri dari air tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *