Teh Celup Vs Teh Tubruk, Mana yang Lebih Baik?

Ada banyak pilihan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di siang yang terik, salah satunya adalah es teh. Teh dikenal sebagai produk minuman herbal atau alami karena terbuat dari daun teh asli. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk proses pengolahannya hingga kemudian sampai ke tangan Anda dalam bentuk yang lebih praktis, diantaranya adalah teh celup. Produk yang sudah dimasukkan dalam kantung-kantung tertentu, untuk menikmatinya juga sangat mudah yaitu cukup dengan menyeduhnya menggunakan air hangat atau panas saja, ditambah gula sesuai dengan selera.

 Teh Celup Vs Teh Tubruk, Mana yang Lebih Baik

Hanya saja kurang dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan gula darah untuk mengkonsumsi terlalu banyak glukosa, sehingga pada dasarnya mengkonsumsi teh memang jauh lebih aman tanpa tambahan gula. Jikapun ingin menambah dengan gula maka dalam jumlah yang kecil saja. Produk teh yang hadir di pasaran sendiri umumnya terdiri atas 2 bentuk, diantaranya adalah teh jenis celup tersebut dan juga teh tubruk, khusus untuk jenis tubruk ditawarkan langsung tanpa adanya kantung-kantung.

 

Lalu sebenarnya lebih bagus yang mana, pakai teh dengan kantung atau tubruk, sebelumnya ketahui dulu kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

 

  1. Teh dalam kantung jauh lebih praktis, ada kalanya Anda tak akan sempat untuk membuat dan juga menyaring teh terlalu lama, sehingga teh tubruk ini bukan pilihan yang tepat, mengingat dalam pembuatannya daun teh tersebar di gelas dan untuk menikmati yang bersih atau bening harus disaring terlebih dahulu, teh dalam kantung adalah pilihan yang paling praktis.
  2. Tingkat kehitaman yang didapatkan lebih banyak teh tubruk, khusus untuk yang ingin mendapatkan warna lebih pekat, maka teh tubruk ini adalah pilihan terbaik. Karena tanpa sekat maka bisa langsung ditakar sesuai dengan selera. Berbeda dengan teh kantung, umumnya satu kantung saja tak cukup untuk membuat warnanya menjadi hitam, dibutuhkan dua kantung atau lebih.
  3. Nilai kesehatannya, faktanya di dalam kantung teh terdapat satu senyawa yang kurang aman bagi kesehatan. Sehingga jika diseduh terlalu lama dalam air panas bisa menyebabkan senyawa tersebut ikut masuk dalam teh, hingga masuk kedalam tubuh, jumlah yang berlebihan dalam tubuh juga bisa memicu beberapa jenis penyakit. Untuk itu beberapa orang masih lebih senang mengandalkan jenis teh tubruk biasa dibandingkan dengan yang ada dalam kantung.

 

Pilah-pilih produk yang tepat untuk keluarga, tak semua teh celup juga berbahaya, diantaranya seperti teh Sariwangi, produk yang tak hanya dikenal cukup lama oleh masyarakat Indonesia, melainkan juga menjamin keamanan konsumen dalam mengkonsumsinya. Teh sehat dan juga sangat mudah dibuat, cukup 1 menit saja untuk dapatkan warna yang cantik pada teh yang akan Anda minum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *